Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Minggu, 13 Januari 2013

Perangkat Input pada komputer

Perangkat input merupakan yang digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer.Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang di berikan penggunanya.

  1. Keyboard
    Sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempuyai antara 85 hingga 120 tombol yang terdiri atas huruf,angka,simbol atau biasa dinamakan karakter khusus serta tombol-tombol fungsi.
  2. Mouse
    Perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klikPerangkat yang didesain sesuai dengan bentuk lekuk tangan ini umumnya memiliki 2 tombol klik utama yaitu klik kanan dan kiri,yang di bawah atau di baliknya terdapat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk(pointer).
    Ada 3 tipe dasar mouse:
    -mekanis :memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi ke segala arah.sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan sinyal untuk menggerakkan kursor padaa layar.
    -Optomekanis:sama seperti mouse mekanis yang baru,dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
    -Optik:mouse ini mennggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED.
  3. Lighpen
    Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya.Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut.
  4. Joystick
    Tongkat yang digunakan untuk menggerakkan kursor.Ini dilakukan dengan memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajad.biasanya digunakan untuk permainan video games.
  5. Touch Screen
    Di fungsikan dengan cara menyentuh layar monitor ataau bantalan untuk merespons objek program.sebagai misal layar komputer menampilakn menu pilihan,untuk memilihnya tinggal menyentuh dengan jari pada pilihan tersebut.
  6. Mikrofon
    Alat input dengan cara mengeluarkan suara,ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih populer untuk kepentinagan audio.
  7. Scanner
    Alat yang berfungsi seperti mesin fotocopy,yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya di terjemahkan dalam bentuk digital.sensitif kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks,barcode,gambar dan sebagainya.
  8. Trackball
    Perangkat penunjuk seperti mouse,namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan kursor diatasnya.
  9. Kamera
    Saat ini perangkat input yang banyak digunakan adalah menggunakan kamera,baik kamera video yang datanya berjenis analog dan nantinya bisa dikonversi menjadi data digital,maupun kamera digital yang datanya bisa langsung berjenis digital.


    Sumber:buku Pengantar Teknologi Informasi

0 comments:

Posting Komentar