Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Minggu, 13 Januari 2013

Klasifikasi Komputer

Komputer yang ada saat ini oleh beberapa pakar bisa diklasifikasikan menjadi beberapa sudut pandang yaitu  berdasarkan tujuan atau fungsi pemakaian,berdasarkan data yang diolah,berdasarkan ukuran dan kapasitasnya,dan berdasarkan generasinya.

  • Komputer berdasarkan Tujuan pemakaian
         -Special Purpose Computer
           Jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja.Komputer jenis ini dapat berupa komputer analog maupun digital.Komputer jenis ini banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri,untuk tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat,untuk bidsng-bidang diagnosis di kedokteran,dan sebagainya.
       -General Purpose Computer
         Komputer jenis ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah.Dapat digunakan untuk menyelesaikan program yang bermacam-macam dan jenis permasalahan yang berbeda seperti untuk untuk pengolahan data,grafis,permaianan.Yang termasuk jenis komputer ini adalah komputer digital PC yang biasa kita pakai di rumah,kantor,atau sekolah.


  • Komputer Berdasarkan data yang diolah
         -komputer Analog
          Di gunakan untuk  mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dasn  bukan data yang berupa angka,melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik,temperatur,kecepatan,tekanan,dan sebagainya.Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin.Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian kimia,pembangkit listrik,penyulingan minyak.
          Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat.
        - Komputer Digital
          Data dalam komputer digital berupa angka atau huruf.Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik,contohnya PC yang umum digunakan orang.
          Keunggulan komputer Digital

  • Proses data yang lebih tepat dibandingkan komputer analog
  • Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses
  • Dapat melakukan operasi logika
  • Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi dan dihapus
  • Output yang dihasilkan dapat berupa angka,huruf,grafik,ayau grafik.
         -Komputer Hybrid
          kombinasi komputer Analog dan digital.Katena digunakan pada aplikasi khusus,diperlukan komputer yang lebih cepat daripada komputer analog dan lebih tepat daripada komputer digital.

  • Komputer Berdasarkan Ukuran dan kemampuannya
          -Super Computer
           Saat ini perusahaan-perusahaan di AS dan jepang telah melakukan pengembangan komputer jenis ini.Komputer ini mempunyai kemampuan yang lebih baik lagi daripada komputer mainframe.Contoh Cray-1 computer.
         -Large Computer
           Komputer ini disebut dengan mainframe karena bentuk fisiknya yang seperti lemari.Komputer jenis ini biasanya digunakan oleh kantor-kantor besar yang mempunyai ratusan cabang.Tiap cabang mempunyai terminal yang dihubungkan dengan kmputer pusatnya.
         -Medium Computer
          Komputer ini disebut juga dengan medium-scale mainframe computer.Komputer jenis ini dapat mempunyai bermacam-macam alat input atau output.Biasanya komputer ini digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan hingga ribuan tterminal yang terpisah dari komputer pusatnya.

         -Small Computer
          disebut juga dengan small scale mainframe computer.Komputer jenis ini banyak digunakan untuk multiprogramming,multiprocessing dan virtual storage.
        -Mini Computer
         Komputer mini dapat bersifat multiuser.Sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama.Tiap terminal dapat ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya.Komunikasi mini merupakan komputer pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi,riset laboratorium dan komunikasi data.
        -Micro computer
         Komputer personal yang umumnya stand alone atau single user,namun saat ini telah banyak PC yang di lengkapi dengann periferal card untuk koneksi koneksi internet atau jaringan.


Sumber:Buku Pengantar Teknologi Informasi penerbit Salemba Infotek

1 comments: