Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Senin, 14 Januari 2013

Perangkat Jaringan


Dalam membangun sebuah jaringan computer diperlukan beberapa perangkat jaringan,dimana perangkat jaringan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan
1.       Network Ethernet
Kartu yang dipasang pada sebuah PC supaya dapat terhubung dengan computer lain melalui jaringan LAN.Kartu Jaringan menggunakan kabel coaxial,kabel twister pair,dan wireless LAN.Setiap kartu jaringan memiliki MAC address yang bersifat unik,artinya tidak aka nada dua buah kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama.
2.       HUB
Penerima sinyal dari sebuah computer kemudian ditransmisikan ke computer lain pada sebuah jaringan.Dengan kata lain,Hub bekerja sebagai penyambung concentrator,dan sebagai penguat sinyal pada kabel UTP.HUB tidak mengenal MAC address/Physical Address,sehingga hub tidak dapat memilah data yang harus ditransmisikan,akibatnya collision(tabrakan)pada sebuah jaringan tidak dapat di hindari.Collison merupakan suatu kondisi apabila terdapat dua perangkat yang mengirim data pada saat bersamaanyang berakibat hilangnya data.
3.       Switch
Perangkat  jaringan yang fungsinya hampir sama seperti Hub.Switch mengenal Mac address yang di gunakan untuk memilah data mana yang harus ditransmisikan.Switch menampung daftar MAC address yang dihubungkan dengan port-port yang digunakan untuk menentukan tujuan pengiriman paket data,sehingga mengurangi traffic pada jaringan. 
4.        Router
Perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.
5.       Repeater
Perangkat yang digunakan untuk menguatkan sinyal.Repeater digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan jarak yang berjauhan.
6.       Bridge
Perangkat jaringan yang digunakan untuk menjembatani dua jaringan.Bridge dapat menghubungkan jaringan yang mempunyai  media komunikasi dan topologi jaringan yang berbeda.Misalnya dua lokasi perusahaan menggunakan 2 jenis system jaringan yang berbeda,yang satu menggunakan fiber optic yang satu menggunakan UTP.Maka kedua system tersebut dapat di gabung menggunakan bridge.
7.       Modem(Modulation demodulation)
Perangkat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital,dan sebaliknya dari sinyal digital menjadi analog.Modem digunakan untuk menghubungkan computer dengan internet.Modem juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua buah computer dengan menggunakan jaringan telepon.
Modem di bagi menjadi 2:
Modem Internal:Modem yang terpasang di dalam PC,modem internal berbentuk card yang terpasang pada slot yang ada dalam motherboard.
Moodem Eksternal:Modem yang terpasang di luar PC.Untuk menghubungkan dengan PC dapat dilakukan melalui port komunikasi seperti COM 1 atau dengan port USB.
8.       Kabel
perangkat yang digunakan sebagai jalur yang menghubungkan antara perangkat satu dengan yang lain.
-Kabel UTP:Kabel yang sering dipakai dalam membuat jaringan computer.Kabel UTP digunakan sebagai media penghubung antar computer dan peralatan jaringan yang lain(Hub atau Switch).
-Kabel Fiber Optic:Kabel jaringan yang dapat mentransmisi cahaya.Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya,kabel fiber optic lebih mahal harganya.kabel Fiber Optic mempunyai jangkauan yang lebih jauh sampai dengan ratusan kilometer.Kabel Fiber Optic lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik yang lebih tinggi di bandingkan dengan jenis kabel lainnya.
9.        Konektor:Perangkat yang digunakan sebagai penghubung kabel.Konektor terpasang pada ujung-ujung kabel.Jenis konektor yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kabel yang dipergunakan
-Konektor RJ45àkonektor yang digunakan untuk jenis kabel UTP.
-Konektor STàKonektor yang digunakan untuk jenis kabel fiber optic.
10.   Crimping Tools
Peralatan yang digunakan untuk memasang konektor RJ45 pada kabel UTP.
11.   Cable Tester
Peralatan yang digunakan untuk mngecek pemasangan konektor pada kabel,apakah pemasangan konektor sudah benar atau belum.


Sumber: Buku Introduction to Computer Netmeeting

Dapat di download disini


0 comments:

Posting Komentar