Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Kamis, 10 Januari 2013

Manfaat Komputer

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global,dimana kita bisa memanfaatkan teknologi informasi yang perangkat utamanya adalah computer.Informasi yang bisa di lakukan tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar,namun informasi bisa bersifat multimedia.Kita dapat memanfaatkan computer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis,menggambar,mengedit foto,memutar video,bisnis,bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa.Tujuan penggunaan computer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat,akurat,informative,dan efisien.
1.1              Bidang Pendidikan
Pada dunia pendidikan termasuk Indonesia,computer sudah diperkenalkan dan di gunakan di Sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan tinggi.
Komputer juga memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakan elektronik(e-library) atau buku elekronik (e-book).Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet di kenal dengan electronic learning(e-learning). Kita juga dapat melakukan interaksi atau Tanya jawab dengan menggunakan e-mail atau interaksi langsung melalui system pembelajaran yang menggunakan teleconference atau video conference.

1.2              Bidang industry dan Manufaktur
Di bidang industry,computer telah di manfaatkan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi,misalnya Computer Numerical Control(CNC) pengawasan numeric atau perhitungan.
Selain itu industry modern saat ini juga memanfaatkan robot secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industry yang decontrol oleh computer yang tidak mungkin dikerjakan manusia.

1.3              Bidang Bisnis dan Perbankan
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,periodic,maupun incidental dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
System Informasi Managemen,merupakan system informasi yang sudah banyak di terapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar,menengah,atau perusahaan kecil.
Komputer juga banyak di gunakan untuk proses akutansi,melakukan analisis keuangan,neraca,laba rugi,dan sebagainya.

1.4              Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.Ini biasanya di gunakan untuk keperluan penelitian dan riset.Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan computer sebelum menguji hasil temuannya,misalnya membuat model reactor nuklir atau membuat model-model atom dan molekul.
Computer juga bisa di gunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam,misalnya mempelajari keadaan struktur tanah,keadaan angina,cuaca dan sebagainya.

1.5              Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa,computer digunakan untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot,menghitung ketinggian pesawat,mengendalikan panel-panel kendali seperti keadaan mesin,bahan bakar,dan kecepatan.
Di bidang militer computer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali,dan untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,bahkan untuk simulasi peperangan dan untuk pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
1.6              Bidang Kedokteran
                     Di bidang kedokteran computer sngat berperan untuk menolong jiwa manusia,dan riset bidang kedokteran.Komputer juga di gunakan untuk mendiagnosis penyakit,menemukan obat yang tepat,serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit di lihat.Sistem CAT(Computerized axial Tomography) berguna untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar X.
1.7              Bidang Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime Analysis Support system,yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas.polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat,misalnya pendeteksian pelanggaran lalu lintas,melakukan sidik jari dan sebagainya.

1.8              Bidang Entertainment dan Permainan
Di bidang Entertainment digunakan untuk pembuatan animasi,periklanan,setting bahkan untuk bermain music.
Di bidang permainan computer digunakan untuk game tiga dimensi(3D) di lengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan efek-efek khusus.
1.9              Bidang Komunikasi Jaringan Global ( Internet )
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada computer yang biasa di sebut dengan internet.dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks,gambar,video,suara bahkan komunikasi audiovisual secara langsung.

1.10          Bidang Pemerintahan
Hampir setiap perkantoran maupun instansi pemerintahan telah menggunakan telah menggunakan computer.Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha,pelayanan masyarakat, pengolahan dan dokumentasi data penduduk,perencanaan,statistika,pengambilan keputusan,dan lain sebagainya.

SUMBER: Buku Pengantar Teknologi Informasi penerbit Salemba Infotek


                                                                                      

0 comments:

Posting Komentar