Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Senin, 07 Januari 2013

Struktur Penyimpanan

Penyimpanan terdiri atas memori utama dan memori sekunder.Program komputer harus berada di memori utama(biasanya RAM)untuk dapat di jalankan.Memori utama adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat di akses oleh prosesor.Idealnya program dan data dapat di simpan dalam memori utama secara permanen.Namun hal ini tidak mungkin karena ukuran memori utama relatif kecil untuk dapat menyimpan data dan program secara keseluruhan.Memori utam juga bersifat volatile,tidak bisa menyimpan secara pemanen,apabila computer di matikan maka data yang tersimpan di memori utama akan hilang.

-->Register : Tempat penyimpanan beberapa buah data volatile yang akan di olah langsung di prosesor yang berkecepatan tinggi.Register ini berada di dalam prosesor dengan jumlah yang sangat terbatas karena fungsi nya sebagai tempat perhitungan / komputasi data.

-->Cache Memory : Tempat penyimpanan sementara (Volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatan pemanggilan atau penyimpanan data di memori oleh prosesor yang berkecepatan tinggi.

--> Random Acces Memory : Tempat penyimpanan sementara sejumlah data volatile yang dapat di akses langsung oleh prosesor.RAM hanya berfungsi selama komputer mendapat dukungan daya listrik(hidup).

-->Disk Cache : Tambahan memori yang di gunakan untuk membantu proses-proses dalam komputer,biasanya berupa buffer.Peranan tamabahan memori ini sering di lupakan,namun sangat penting artinya untuk effisiensi.Biasanya tambahan memori ini memberi gamabaran kasar kemampuan dari perangkat tersebut,sebagai contoh jumlah memori VGA,memori soundcard.

--> Magnetic Disk : Berperan sebagai secondary storage pada sistem komputer modern.Magnetic Disk di susun dari piringan seperti CD.kedua piringan di selimuti oleh bahan-bahan magnetik.permukaan dari piringan di bagi-bagi menjadi track yang memutar,yang kemudian di bagi lagi menjadi beberapa sektor.

-->Memori  Sekunder : Media penyimpanan  data yang non volatile (bersifat tetap/volatile) yang berupa flash drive,Optical disk,Magnetic Disk,Magnetic Tape.Daya tampung media ini biasanya cukup besar dengan harga yang relatif murah.

-->Memori Tersier : menyimpan data dalam  jumlah yang besar,tapi waktu yang di butuhkan untuk mengakses data biasanya dalam hitungan menit sampai jam.Saat ini,Memori Tersier membutuhkan instalasi yang besar berdasarkan pada disk atau tapes.


SUMBER:
Buku Sistem Operasi (Penerbit Andi)

4 comments: