Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Rabu, 09 Januari 2013

Skema Dasar Sistem Komputer

Sistem komputer terdiri atas 4 Komponen yang bekerjasama dan saling berinteraksi untuk mencpai tujuan sistem komputer,yaitu komputasi.
4 Komponen pokok dari sistem komputer adalah:

  1. Pemroses( CPU ):Berfungsi melakukan pengolahan data dan pengendalian dalam operasi komputer.
  2. memori Utama : Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data dan program.agar dapat berjalan,program harus di simpan di dalam memori utama sebelum dapat di eksekusi.Data-data harus disimpan terlebih dahulu sebelum dapat dimanipulasi oleh pemroses.Memori utam bersifat volatile,data akan hilang bila sumber daya di hentikan.
  3. Input dan Output :Berfungsi untuk memindahkan data antar komputer dan lingkungan eksternal.Lingkungan eksternal memiliki berbagai macam perangkat,seperti perangkat penyimpanan sekunder,perangkat komunikasi,terminal,dan sebagainya.Perangkat tersebut berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar sehingga komputer dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya.Dengan cara ini,komputer memberikan manfaat bagi penggunanya.
  4. Interkoneksi Antarkomponen:Berfungsi sebagai struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen diatas(pemroses,memori utama,serta input dan output),sehingga bisa saling berkomunikasi.secara fisik interkoneksi antarkomponen adalah sistem bus yang berupa perkawatan logam atau koneksi fisik lainnya.komponen interkoneksi tidak hanya perkawatan,tapi juga tata cara atau aturan komunikasi di antara elemen-elemen yang terhubung sehingga bisa saling berkomunikasi agar tidak terjadi tabrakan,sehingga dapat mencapai tujuan yang di harapkan.


SUMBER:Buku Sistem Operasi Penerbit Andi

2 comments:

  1. makasih atas informasinya :D keep blogging :D

    BalasHapus
  2. informasi yang bermanfaat
    visit ya:Gubugkecil13.blogspot.com

    BalasHapus