Pages

Your label here

Popular Post

Random Post

Trending Topic

Trending Topic

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di solo..

Minggu, 13 Januari 2013

Perangkat output pada komputer


Perangkat Output adalah perangkat dipakai untuk menampilkan hasil proses.Contohnya seperti layar monitor,printer,plotter,display card,dan speaker.Perangkat output merupakan perangkat yang terdiri atas alat-alat yang menerjemahkan perintah yang telah di proses oleh computer ke dalam bentuk yang telah dimengerti oleh manusia.data-data atau perintah yang telah diproses oleh computer biasanya dalam bentuk kode biner yang di wakili oleh angka 0 dan 1yang perlu diterjemahkan kepada bentuk yang lebih di pahami dan berguna untuk manusia.
Terdapat 2 jenis perangkat output utama yaitu bersifat softcopy misalnya monitor dan audio,dan hardcopy misalnya printer,plotter.

1.    1. Layar Tampilan(Monitor)
Terdapat 2 jenis unit layar tampilan yang biasa digunakan untuk computer,yaitu:

a)      Layar Monitor berbentuk pipih di sebut monitor Kristal cair,yang kebanyakan digunakan pada computer notebook,namun saat ini juga sudah mulai dipakai untuk PC.
b)      Layar monitor tabung atau disebut CRT bentuknya seperti layar televisi yang di gunakan untuk computer jenis dekstop atau PC.Monitor CRT jenisnya monokrom dan warna.Monokrom warna yang paling popular adalah hijau,kuning dan putih.
2.     2.  Printer dan Plotter
Printer dan plotter merupakan perangkat pencetak ,perangkat hardcopy yang dihasilkan dari hasil pemrosesan computer dn input dari penggunanya.
Terdapat 3 macam jenis hasil cetakan dari printer:

a)      Printer dot-matrik
Pencetak ini mempunyai pengetuk-pengetuk kecil berbentuk titik yang dinamai pin.pencetak dot matric 9 pin berarti pengetuknya 5 titik melintang dan 7 titik dari atas ke bawah.Dot matric 24 pin mengetuknya sacara berulang-ulang sehingga hasilnya tampak lebih padat.
kelebihan:sekaligus dapat mencetak pada kertas lebih dari satu pada kertas karbon.
b)      Printer tinta
Bekerja dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada dalam cartridge ke kertas.hasil cetakan akan lebih baik daripada printer dot matric karena lebih halus.Namun hasil semprotan juga tergantung pada kualitas tinta dan printer yang digunakan.
c)       Printer Laser
Bekerja seperti mesin fotocopy yang menyemprotkan serbuk  tinta dengan model pencahayaan,dan kualitas hasil printer laser paling bagus namun harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.
Plotter biasanya hamper sama dengan printer,namun biasanya di gunakan untuk mencetak gambar,grafik,desain teknik yang ukurannya besar.


Sumber: Buku Pengantar Teknologi  Informasi 

0 comments:

Posting Komentar